Rabu, 11 Maret 2009

Vespa Kuno Jatim-Bali Digemari di Australia


Kapanlagi.com - Vespa kuno buatan Italia tahun 1961-1963 dari berbagai kota di Jawa Timur dan Bali banyak diperdagangkan kepada para penggemar motor Vespa tua di Australia, ekspor tersebut selama ini dilakukan melalui Denpasar setelah kendaraan itu diperbaiki dan dicat.

"Beberapa waktu lalu seorang kolektor Vespa tua di Bali telah mengirim 15 unit Vespa tua ke Australia, dan permintaan Vespa kuno di negara itu terus meningkat,"kata Sekretaris Vespa Club Madiun, Soeparno di Madiun, Jumat.

Menurut dia, para kolektor Vespa tua di Bali belum mampu memenuhi permintaan sepeda motor itu ke Australia oleh sebab itu mereka selalu mengadakan kontak dengan para anggota Vespa tua di Jatim untuk mendapatkan jenis kendaraan tersebut.

"Tempo hari salah seorang rekan di Bali meminta saya mengembangkan bisnis Vespa tua untuk dikirim ke Australia," katanya

Soeparno mengatakan setiap Vespa kuno buatan 1961-1963 yang oleh kalangan penggemar motor Vespa disebut sebagai Vespa Kongo itu sebelum dijual ke Australia terlebih dahulu diperbaiki di Denpasar, kemudian para eksportir mengurus kelengkapan dokumen ekspor untuk kemudian dikirim ke sejumlah kota di Australia.

Para kolektor biasanya membeli motor tersebut di pasar lokal berkisar lima juta rupiah dan setelah di Australia Vespa-Vespa tua yang mayoritas masih bisa beroperasi itu diperdagangkan seharga Rp 20 Juta per unit.

" Di Australia harga Vespa tua itu berkisar antara Rp20 Juta hingga Rp 25 Juta per unit," kata Soeparno yang juga kolektor Vespa kenamaan di Madiun itu.

Perburuan terhadap kendaraan sepeda motor tersebut di Bali dan Jawa Timur, kata dia, sekarang ini terus meningkat bahkan semakin sulit karena langka kendati demikian masih ada saja pemilik Vespa Kongo yang bersedia menjualnya.

Dia tidak menyebutkan jumlah total Vespa Tua yang sudah diekspor ke negara 'Kanguru' itu karena perdagangannya dilakukan secara perorangan.

Di Bali dan Jawa Timur jumlah pemilik Vespa kuno banyak yang tergabung dalam berbagai klub beranggotakan belasan ribu pemilik dan penggemar Vespa keluaran lama dan baru. (*/erl)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar